Kamis, 05 Januari 2012

ESEMKA CIPTAAN SMK SURAKARTA YANG GO INTERNASIONAL

Awal Jokowi Kepincut Esemka

Muhammad Ikhsan - detikOto

STRRONGBLOG.BLOGSPOT.COM
img


Solo - Di awal tahun baru, Walikota Solo Joko Widodo menerima mobil SUV Esemka di Balai Kota Surakarta. Selanjutnya mobil tersebut bakal setia menemani Jokowi bertugas. Sebenarnya apa alasan Jokowi tertarik pada Esemka?

Pria kelahiran Surakarta, 21 Juni 1961 silam itu kepincut Esemka Rajawali karena menghargai kreativitas anak bangsa dalam memproduksi kendaraan. Dan itu sangat jarang sekali di tanah air.

"Pak Walikota tertarik karena bangga dengan produk nasional. khususnya karya anak SMK Surakarta," kata Kepala Sekola SMK Negeri 2 Surakarta, Susanta ketika dihubungi detikOto, Selasa (3/1/2012).

Karenanya lanjut Susanta, Jokowi langsung memesan mobil hasil karya para siswa SMK Negeri 2 Surakarta itu dan SMK Warga Surakarta untuk dijadikan mobil Dinas Pemerintah Kota Solo.

Susanta menjelaskan ketertarikan Jokowi pada SUV Esemka sendiri terjadi sejak 2 tahun silam, saat pertama kali mobil-mobil Esemka muncul di Solo. Esemka juga pernah menampakkan diri di Jakarta tepatnya di Kementerian Pendidikan Nasional pada 2009 silam.

Esemka juga pernah mondar-mandir pameran otomotif lokal. Dan pada saat itu Jokowi melihat mobil SUV Esemka adalah mahakarya besar anak bangsa.

"Sejak itu Jokowi tertarik dengan Esemka. Kita sering undang pak Walikota ke acara-acara, pameran dan segala macam. Dan sejak saat ini dia pesan langsung mobil Esemka. Beliau pesan sudah 2 tahun silam," tukas Susanta.

Esemka adalah buah tangah anak Esemka Rajawali (SUV) dari SMK Negeri 2 Surakarta dan SMK Warga Surakarta. Untuk membuat 1 unit Esemka memakan waktu 4 bulan lamanya. Hal itu karena para anak SMK masih manual dan belum secanggih mesin produsen mobil di Indonesia.


( ikh / ddn )
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi Tina Arvianh di tina[at]detik.com,
telepon 021-7941177 (ext.581).

Foto Lainnya

img

Tidak ada komentar: