Kamis, 15 Desember 2011

ASEAN Paragames 2011 di SOLO

ASEAN Paragames 2011 di SOLO The Spirit Of Java










  Menpora Kagum Antusiasme Warga Sambut APG

Dhefi Wahyu Nugroho - Timlo.net
Rabu, 14 Desember 2011 | 18:33 WIB

Menpora Andi Mallarangeng saat menyalami warga usai kirab APG
Dok. Timlo.Net/Dhefi Nugroho
Menpora Andi Mallarangeng saat menyalami warga usai kirab APG
Solo – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Mallarangeng merasa kagum dengan sambutan warga Solo dalam kirab dalam rangka Asean Paragames (APG) VI di Solo. Ia tidak menyangka dalam kirab yang dimulai dari tugu Makuta, karangasem kecamatan Laweyan dan berakhir di Balaikota Solo bakal dipenuhi oleh warga. Ia juga menilai masyarakat sangat antusias dalam menyambut penyelenggaraan pesta olahraga difabel tingkat Asean tersebut.
“Melihat sambutan warga Solo sangat luar biasa,” kata Menpora kepada wartawan, Rabu (14/12) usai kirab berlangsung. Secara khusus, ia sangat berterima kasih kepada warga Solo yang telah mendukung terselenggaranya even APG yang akan dibuka besok malam (15/12) oleh Wakil Presiden (Wapres) RI Boediono di stadion Manahan.
Ia merasa yakin kota Solo akan menjadi tuan rumah yang baik dalam penyelenggaraan APG VI ini. “Kami minta doa restu kepada masyarakat,” tambahnya. Di sisi lain, ia juga berharap kesuksesan Indonesia dalam meraih juara umum dalam Sea Games di Palembang lalu akan terulang lagi dalam APG di Solo kali ini.
Satu hal yang sangat menarik baginya dalam kirab tersebut manakala dirinya diperkenankan untuk naik kuda. Ia merasa sangat terkesan. Ia mengaku, terakhir kali naik kuda waktu dirinya masih duduk di bangku SMP, tepatnya di kota Makassar. “Saya kira tadi hanya bercanda. Ternyata naik kuda beneran,” tuturnya.



  Kedatangan Wapres Bakal Diwarnai Demo

Dhefi Wahyu Nugroho - Timlo.net
Rabu, 14 Desember 2011 | 15:59 WIB

Kapolresta Solo Kombes (Pol) Listyo Sigit Prabowo
Dok. Timlo.Net/dhefi
Kapolresta Solo Kombes (Pol) Listyo Sigit Prabowo
Solo – Kedatangan Wakil Presiden (Wapres) RI untuk membuka even olahraga difabel tingkat Asia Tenggara, Asean Paragames (APG) VI di Stadion Manahan Solo bakal disambut dengan aksi demonstrasi. Beberapa kalangan masyarakat akan menggelar aksi demonstrasi terkait kedatangan orang nomor dua di Indonesia tersebut.
Kapolresta Solo Kombes (Pol) Listyo Sigit Prabowo mengakui, pihaknya telah menerima pemberitahuan dari beberapa elemen untuk menggelar aksi demonstrasi. “Beberapa pemberitahuan sudah ada, namun sudah saya sampaikan bahwa aksi tersebut adalah aksi yang konstruktif, aksi yang membangun, yang damai, yang tetap membawa nama solo tetap kondusif,” ungkap Kapolresta kepada wartawan, Rabu (14/12).
Ia menilai, sepanjang aksi yang mereka lakukan tidak bertentangan dengan Undang-undang no. 9 tahun 1998 tentang mengeluarkan pendapat di muka umum tidak menjadi masalah. Demi keamanan, ia telah menganjurkan sejumlah elemen tersebut untuk menggelar aksi demonstrasi di bundaran gladag.
Sementara, Komandan Korem 074/Warastratama Kolonel (Inf.)Ahmad Supriyadi menyayangkan rencana sejumlah elemen masyarakat yang akan menggelar aksi demonstrasi bertepatan dengan kedatangan Wapres ke Solo. “Jangan justru demo itu menodai solo. Kegiatan segelintir orang malah justru menjadi eman-eman,” katanya.
Ahmad Supriyadi menilai, saat ini Solo sudah go Internasional. Sebagai orang Solo selayaknya bangga dengan terselenggaranya even tersebut. “Saya himbau kepada masyarakat untuk mendukung Solo, jangan sampai membuat kegiatan-kegiatan yang kontra produktif” terangnya.


  1600 Aparat Siap Amankan Jalannya APG

Dhefi Wahyu Nugroho - Timlo.net
Rabu, 14 Desember 2011 | 15:15 WIB

APG VI akan dibuka Wapres Boediono di Stadion Manahan Solo, Kamis (15/12)
Ilus. Timlo.Net/gg
APG VI akan dibuka Wapres Boediono di Stadion Manahan Solo, Kamis (15/12)
Solo – Sebanyak 1.100 personel TNI dan 552 personel Polri disiagakan untuk mengamankan jalannya kegiatan Asean Paragames (APG) VI di Solo. Sejumlah pasukan keamanan tersebut disiapkan selain mengamankan jalannya APG, juga disiapkan untuk melakukan pengamanan terhadap Wakil Presiden RI Boediono yang akan membuka even olahraga difabel di Asia Tenggara di Stadion Manahan.
Komandan Korem 074/Warastratama Kolonel (Inf) Ahmad Supriyadi, mengatakan aparat TNI/Polri dituntut untuk mengutamakan kewaspadaan dan meningkatkan kesiap siagaan serta mengantisipasi setiap gejolak yang berpotensi mengganggu kelancaran jalannya APG.
“Pola pengamanan sesuai dengan protap, pengamanan dibagi menjadi 3 ring. Ring 1 oleh Paspampres sementara ring 2 dan 3 dilakukan oleh TNI/Polri,” katanya kepada wartawan usai memimpin upacara gelar pasukan dalam rangka pengamanan RI-2, Rabu (14/12) di halaman Makorem 074/Warastratama.
Sementara itu Kapolresta Solo Kombes (Pol) Listyo Sigit Prabowo menegaskan, rangkaian kegiatan pengamanan dibagi menjadi 3 hal. Yakni pengamanan kegiatan, pengamanan akomodasi dan pengamanan hotel. “Kita menempatkan petugas ke objek vital, wisma atlet, official dan seluruh venue pertandingan,” kata Kapolresta.
Kapolresta juga menjamin, situasi keamanan kota Solo menjelang pembukaan APG besok malam di stadion Manahan sampai saat ini masih relatif aman. “Sampai saat ini situasi masih kondusif. Peralatan akan disiapkan berdasarkan eskalasi ancaman,” tutur Listyo Sigit.

Tidak ada komentar: